Sabtu, 24 Desember 2011

Profil Kabupaten Rokan Hilir

Kabupaten Rokan Hilir merupakan wilayah pemekaran Kabupaten Bengkalis. Dibentuk pada tanggal 4 Oktober 1999 berdasarkan UU Republik Indonesia, Nomor 53 Yahun 1999. Kabupaten Rokan Hilir melingkupi wilayah seluas 888.159 hektar,terletak pada koordinat 1o14 2o45 LU dan 100o17 101o21 BT.

Wilayah Rokan Hilir sebelah Utara berbatasan dengan Selat Malaka dan Propinsi Sumatera Utara, Sebelah Timur berbatasan dengan Kota Dumai, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hulu, Sebelah Barat dengan Kabupaten Labuhan Batu (propinsi Sumatera Utara). Rokan Hilir terbagi atas 13 Kecamatan.


Rokan Hilir memiliki wilayah perkebunan yang luas yang berpotensi bagi pengembangan agro industri dan agrowisata. Bagan Batu merupakan kota agroindustri di Rkan Hilir. Disini terdapat eberapa perusahaan pengolah CPO. Hasil perkebunan lain adalah karet dan kelapa.Rokan hilir juga menghasilkan komodtas lain seperti cengkeh dan kopi. Untuk lahan persawahan dan tanaman pangan, umumnya terletak di sepanjang DAS Sungai Rokan hingga ke muaranya.

Beberapa kota nelayan di Rokan Hilir seperti Panipahan, Pulau Halang dan Sinabol merupakan penghasil ikan terbesar di Rokan Hilir. Sebagian besar hasil perikanan tersebut di ekspor ke luar negeri khususnya ke Malaysia dan Singapura. Produk utama perikanan Rokan Hilir adalah ikan segar, udang, ikan asin, terasi, dan lain-lain. Rokan hilir juga memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan antara lain Pulau Berkey, Pulau Padamaran, Pulau Halang, Pulau Sinabol dan Pulau Jemur.

Beberapa potensi investasi yang ditawarkan kabupaten ini antara lain pengembangan sektor industri pengolahan hasil laut seperti pengalengan ikan dan pembuatan pakan ternak, pengembangan pelabuhan samudera Panipanan dan Sinaboi sebagai gerbang ekspor-impor dan pelabuhan lintas batas penumpang di utara provinsi Riau dengan tujuan utama Malaysia seperti port Klang dan Port Dikson, Pengembangan ruas jalan pintas Bagansiapi api, Dumai melalui Sinaboi, lubuk gaung serta ruas jalan Panipahan - kubu.


Sumber Data:
Riau Dalam Angka 2010
(01-10-2007)
BPS Provinsi Riau

Sumber :
http://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/id/displayprofil.php?ia=1409

Tidak ada komentar:

Posting Komentar