Sabtu, 24 Desember 2011

Gaung Provinsi Riau Pesisir Kembali Menguat

SIAK – Gaung pemekaran untuk membentuk Provinsi Riau Pesisir yang terpisah dari Provinsi Riau, kembali menguat. Keinginan itu sangat didukung oleh Tokoh Masyarakat Siak, T.Romainur.

Kepada detikriau.net, Senin (12/7), T.Romainur menyebutkan wacana pemekaran wilayah Provinsi Riau Pesisir, sudah lama berhembus di tengah-tengah masyarakat Riau Pesisir. Bahkan, semenjak Undang-Undang Otonomi Daerah Nomor 22 Tahun 1999 masyarakat memiliki keinginan agar daerah Pesisir dimekarkan.


Menurutnya, dalam waktu dekat, masyakat Riau Pesisir akan kembali bertemu untuk membentuk Barisan Perjuangan Provinsi Riau Pesisir yang sekaligus membentuk Panitia Pemekaran Riau Pesisir.

“Pertemuan akan kita selenggarakan setelah terlaksananya pelantikan Bupati terpilih hasil Pilkada, Juni lalu yaitu Bupati Bengkalis, Meranti dan Walikota Dumai. Paling lambat minggu pertama Desember 2010,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa Pembentukan Provinsi Riau Pesisir sudah merupakan harga mati dan tidak dapat tawar-tawar. Sebagai langkah awal, juga akan dilaksanakan pertemuan dalam rangka Halal Bihalal, usai Lebaran. Halal bi halal itu merupakan acara pertemuan para tokoh dan perwakilan masyarakat Riau Pesisir. Tujuannya untuk mengupas selayang pandang terhadap rencana pemekaran Riau Pesisir.

Ungkap Romainur, munculnya keinginan masyarakat agar Riau Pesisir dimekarkan menjadi salah satu kota Provinsi karena masyarakat tidak tahan dengan ketidakkeadilan Provinsi Riau yang membedakan dari berbagai aspek.

“Banyak hal dan perbedaan disini, baik itu kehidupan sosial masyarakat maupun pembangunan yang terlihat berat sebelah. Padahal, income terbesar APBD Riau berasal dari daerah Pesisir,” ungkapnya.

Ditambahkan Romainur, tidak adilnya pembangunan di wilayah Riau terlihat pada pembangunan infrastruktur. Contohnya pembangunan jembatan Teluk Mesjid di Kecamatan Sungai Apit yang masih terbengkalai, jalan Sungai Pakning Dumai, Dumai Senaboi di Kabupaten Rokan Hilir dan jalan Kubu Panipahan yang masih kurang perhatian.

Mengenai syarat pemekaran, terang Romainur, sudah terpenuhi. Dan itu akan dibicarakan saat pembentukan panitia pemekaran. yanti

Sumber :
Ditulis oleh Sirait
Selasa, 13 Juli 2010 18:04
http://www.detiknusantara.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1315:gaung-provinsi-riau-pesisir-kembali-menguat&catid=31:riau&Itemid=46

Tidak ada komentar:

Posting Komentar